Sabtu, 07 Juni 2008

Jumatan di offshore - platform

Selama ini banyak presentasi dan persue customer melalui meeting2 di office atau pun di site masih di onshore. Jumat lalu ada kesempatan untuk survei lokasi di offshore dan memberikan presentasi solusi technicalnya sebagai bagian improvement technology untuk menaikkan productifitas oil and gas production.
Dengan boat khusus penumpang Chevron, dari Pelabuhan Semayang - balikpapan bergerak ke Sepinggan platform dengan singgah di Yakin Platform. Platform2 anjungan pengeboran minyak lepas pantai ini, yang kelihatan kecil di bawah kalau fligh mau landing di sepinggan airport , ternyata cukup luas dan kekarnya, cukup tinggi dari permukaan laut. Tentu procedure safety sangat ketat yang membuat merasa nyaman juga.
Di platform ini ternyata juga jadi pertemuan beberapa jalur minyak dari sumur-sumur yang ada di sekitarnya. Saya harus memberikan improvement pengukuran production dari tial well maupun total production gabungan yang selanjutnya akan di kirim ke terminal daratan.
Gak ada bedanya dengan kalau naik kapal ( ingat dulu pernah kapal Surabaya - Balikpapan PP) fasilitas lengkap khususnya restaurant..he..he... ruang meeting dan presentasi ber AC yang nyaman. Hari ini adalah hari jumat, shalat jumat tentunya.....ternyata rutin tetap berjalan shalat jumat, tiap jumat ada imam dan khatib yang didatangkan....lho emang yang nggak shift kerja cukup 40 orang...40 orang kan madzab imam syafii, gitu katanya....saya hitung yang sekitar 40 orang...terasa ada beda tersendiri mengadap illahi di tengah laut.
Di sini TV juga online spt biasa , demikian juga signal HP full. Tapi di pisahkkan oleh jembatan panjang anatara anjungan proses production yang gak boleh HP n rokok dengan anjungan office yang bisa rokok n nyalakan HP.
Orang2 yang kerja di sini dengan sistem 14 days kerja , 14 days libur. Survei n presentasiku 1 hari cukup, maka jelang matahari tengelam, kapal datang dan kembali ke Semayang dengan menyong sunsite di tengah laut di perjalanan boat ini.
Selanjutnya secara rutin, saya diberi kesempatan untuk roadshow dari platform ke platform lainnya secara periodik. Di tengah laut inilah, spt halnya menatap langit, kita jadi berpikir seimbang dan nggak pantas tuk sombong. HRW ( 0408)

Tidak ada komentar: