Rabu, 05 November 2008

Buat pengelola Website YISC

Saya nggak tahu pasti tujuan website YISC, krieteria keberhasilan program website dan bagaimana metode penilaian pencapaian tujuannya.

Dari sisi tampilan sudah bagus, tapi perlu lebih terbuka, dinamis dan kontinuitas.

Saya jadi ingat pada saat 30 tahun YISC dulu, saat pertama melaunchingkan website yisc pertama , waktu itu oleh Bang Yusri Ihza Mahendra , seorang di antara banyak alumni yang datang dalam syukuran 30 tahun YISC.

Saat peluncuran website itu, dirangkaikan juga dengan Seminar Sehari " Pengembangan Dakwah dan Pendidikan melalui Internet" di Aula Buya Hamka. Peserta umum dengan narasumber berlevel nasional. Peserta undangan khusus antara lain perwakilan pemuda masjid2 agung ibuko ta propinsi di Jawa dan remaja masjid se Jakarta.

Semua itu puncak dari tahap awalan YISC melakukan kegiatan tahap baru, di dunia maya n modern saat ini. Rangkaian lainnya antara lain menjadikan di Sekretariat YISC online 24 jam internet dgn nggak bayar. Ya Alhamdulilllah dengan mengkompori MAsjid dan kelaurga besar AA lainnya, masjid bearni tarik kabel supaya online internet di AA. Lumayanlah dari idea dan kompor, dapat tumpangan internet nya.

Dalam DREAM kami saat itu, bahwa belajar dan dakwah melalui YISC yang di AA adalah limited oleh ruang n waktunya. Tapi Subhanallah sekarang ada internet yang bisa menembus batas2 negara dan waktu yang free 24 jam. Maka website YISC dreamnya antara lain sbg belajar ala YISC 24 jam lengkap dgn SII, FCI, Forum Dialog dan BY nya. Website juga sbg media silaturrahmi buat semua anggota yisc, semua pengurs yisc, semua alumni yisc, jaringan yisc, juga sebagai pintu jaringan belajar islam dan peradaban secara nasional maupun international.

Selain terupdate secara rutin melalui BY online ( jadi kalau BY terbit, maka soft copy nya juga muncul di website ini), juga liputan2 keiatan, summary kegiaatan di YISC termasuk jadi onlinenya Buku Kompilasi ( ya dulu di Sekre YISC selalu nggak pernah sepi Buku kompilasi yang yang berisi puisi, gagasan, curhat , debat, nasehat, dll anatar aktivis YISC).

Juga YISC lebih terus membuka diri dalam menerima informasi dakwah dan peradaban di manapun berada. Dengan banyaknya keluarga besar YISC yang nyebar di berbagai disiplin, diberbagi kota dan negara lain. Maka akan ada link ke kontributor2 YISC tsb. Kita bisa tahu crita islam dan politik di Amerika, Australia, Eropa, Arab, China, Jepang dari kontributor teman2 atau alumni2 YISC sendiri. Juga kontributor dari berbagi kota di Indonesia.

Website jadi PR kegiatan rutin YISC, pintu komunikasi dan interaktif. Kalau YISC dinamis, website dinamis, maka akan banyk yang mengkunjungi pula. Banyak organisasi n komunitas rutin yang belum punya website, atau portal islam yang nggak punay kegiatan rutin. YISC bisa untuk itu.

Bersamaan website YISC pun sbrnya kami dreamkan untuk Fun Raising nya YISC. Hukum market, kalau ratingnya tinggi, maka mudah juga untuk cari sponsor. Sponsor minimal bisa mendanai website n aktifitasnya, bahkan kalau mau bisa mendanai aktifitas YISC lainnya.

Sebelum melangkah jauh, mudah sebenarnya tapi juga belum. Menjadikan website untuk konsolidasikan alumni2 yisc yang dah ribuan di mana2 ini....padahal nggak kenal nggak sayang...dan silaturrahmi membuka ilmu, berkah dan rejeki...

Butuh konsolidasi, butuh investasi, butuh sosialisasi gimana pada mendinamiskan website ini. Tapi dream harus ada dengan target2 pencapaian berjangka. Website YISC harus berani membuka diri yang sesungguhnya. Sayangkan kalau dah ada website, tapi gini2 aja.

Biasanya akan keluarlah hambatan2, kendala2, SDM, dana, infrastruktur. Yang bisa mengalahkan dream2nya. Khusus SDM, juga bisa dibuat berjenjang kaderissi team websitenya integralkan juga dgn team BY ( keduanya sebenarnya fungsinya sama, bentuk aja yang beda).

Semoga menjadi motivasi dan referensi. Semoga pada dimudahkan (HRW 1108)

Tidak ada komentar: